Pramuka Masih Eksis Gitu Loh...

Hari gini masih ikutan pramuka? Lontaran pertanyaan seperti ini masih sering dilontarkan kalau ada anak-anak SMP/SMA yang giat berkutat dengan kepramukaan. Padahal, dari pramuka, banyak nilai yang bisa dipetik, mulai dari ketekunan, kesetiakawanan, keterampilan, sampai pengalaman organisasi.

Coba saja lihat kegiatan teman-teman dari 26 SMA dan SMK di Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang yang sibuk berlomba selama 3-4 April. Mereka mengadu kemampuan dalam Lomba Keterampilan dan Ketangkasan yang diselenggarakan SMAN 1 Salatiga. Peserta lomba ini terdiri atas 13 sangga (kelompok) putra dan putri.

Pada hari pertama mereka unjuk kemampuan akademik dengan mengisi soal dan bercerita dalam bahasa Inggris. Tema yang diangkat mengenai cerita rakyat dari Jawa Tengah. Selain itu, ada juga lomba teknologi tepat guna dengan tema botol plastik. Jadilah, ada yang membuat antena maupun alat budidaya tanaman dari limbah plastik itu.

Sementara pada hari kedua, mereka sudah harus berjalan kaki sejauh 14 kilometer dengan berhenti di empat pos yang akan dilewati. Di sana mereka harus menyelesaikan tugas, antara lain halang rintang, meniti tali, dan baris berbaris. "Asyik sekali lombanya. Soalnya banyak yang menantang," tutur Dwi Puji Astuti (16), perwakilan SMKN 2 Salatiga. Dwi mewakili timnya untuk memanjat dan meluncur menggunakan tali di ketinggian sekitar enam meter.

Komentar senada juga datang dari Erico Cahya (16), tim dari SMAN 2 Salatiga. Menurut Erico, tugas halang rintang menjadi pos yang paling menantang. Erico harus bersusah payah bersama timnya yang berjumlah tujuh orang untuk menyelesaikan tugas laiknya outbond.

Keasyikan ini yang membuat masih ada anak-anak SMA yang tetap menekuni pramuka. M Boing Norta Ellyadi (17), siswa kelas XI SMAN 1 Salatiga, termasuk seorang di antaranya. Saat ia kelas X, pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib, sehingga ada sekitar 300 siswa seangkatan Boing yang ikut pramuka. Namun, memasuki kelas XI, jumlahnya tinggal 40 orang. "Kadang sih suka ditanya temen. Ngapain ikutan pramuka. Dibilang enggak gaul. Tapi cuek saja, soalnya banyak yang bisa didapat dari sini," kata Boing.

Upaya untuk mempertahankan pramuka tetap eksis ini yang mendorong penyelenggaraan Lomba Keterampilan dan Ketangkasan (LKK). Menurut Ketua Panitia LKK SMAN 1 Salatiga, Chorintan Prabelia, kegiatan ini menjadi wadah agar para pramuka tingkat SMA tetap merasa bersemangat. Apalagi, saat ini pramuka di kalangan remaja sudah tidak setenar belasan atau puluhan tahun lalu.

"Walaupun sudah tidak seperti dahulu, tetapi pramuka tetap eksis," ujar Chorintan.
0 Responses

Posting Komentar

  • ScoutOne

    Islamic

    Healthy

    Healthy

    Technology

    Technology

    Creativity

    Creativity
  • Kotak Kritik Komentar dan Saran


    ShoutMix chat widget

    Pengikut