Revitalisasi Pramuka Jadi 'Sasaran'
Upaya revitalisasi yang dicanangkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam rangka mengembangkan gerakan kepramukaan perlu menyasar lingkup yang tepat.

"Lingkup yang terkait revitalisasi pramuka seperti organisasi, personal, infrastruktur, program," ungkap Pelaksana Harian Deputi Bidang Pengembangan Kepemimpinan Pemuda Kemenpora RI, Sudradjat Rasid, Kamis (3/6/2010), di Jakarta.

Ia menilai pembaharuan gerakan kepramukaan di tingkat organisasi harus menjangkau semua tingkatan organisasi kepanduan mulai dari tingkat nasional hingga di bawahnya. "Sementara di tingkat personal, pelatih juga perlu memiliki wawasan luas agar penyampaian materi kepramukaan dapat menarik minat pemuda," ungkap Sudradjat.

Di bidang infrastruktur, lanjutnya, perlu adanya sarana prasarana di tiap kecamatan hingga kabupaten/kota untuk melaksanakan jambore atau kegiatan yang dekat dengan alam.

Sudradjat menuturkan untuk bidang program harus dicari suatu metoda yang mampu membedakan anak yang ikut pramuka dengan yang tidak. "Pada dasarnya pramuka ini bertujuan mulia untuk membentuk karakter yang ramah, analitis, kreatif, dinamis, dan mampu memimpin dirinya serta orang lain," ungkapnya di hadapan para penggiat gerakan kepramukaan.

0 Responses

Posting Komentar

  • ScoutOne

    Islamic

    Healthy

    Healthy

    Technology

    Technology

    Creativity

    Creativity
  • Kotak Kritik Komentar dan Saran


    ShoutMix chat widget

    Pengikut